Tanaman Kenikir yang Serba Guna

 

Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 meter dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai. Aroma daunnya seperti damar apabila diremas. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak terdapat di ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas, berwarna oranye berbintik – bintik kuning di tengah – tengahnya dan bijinya berbentuk paruh.

 

Kenikir termasuk bunga potong yang disenangi karena warnanya yang cerah menyala. Jenis bunga kenikir bermacam – macam. Ada yang mahkota bunganya satu lapis dan ada juga yang berlapis – lapis. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang kecil, sedang sampai besar. Bunganya tumbuh di ujung tangkai secara tunggal, tetapi terhimpun dalam kelompok. Helain daun bunga mirip guntingan pita – pita. Bunganya berwarna warni sangat menarik hati, ada yang berwarna kuning cerah, merah tua, orange, atau kombinasi warna – warna tersebut.

 

Tanaman kenikir memenuhi syarat sebagai tanaman penyerbak halaman. Bunganya tidak mengenal musim. Tanaman ini akan berbung terus menerus. Sehingga akan memberi nuansa ceria di halaman. Biasanya kenikir ditanam sebagai tanaman pagar. Tanaman bunga ini juga sering digunakan sebagai pelengkap taman.

 

Tanaman kenikir mulai berbunga  pada umur 3 bulan. Di seluruh cabang muncul banyak kuncup. Beberapa hari kemudian kuncup itu akan mekar menjadi bunga.


Kenikir tergolong bunga yang serba guna. Tanaman ini cocok di tanam di halaman, pantas ditanam secara berkelompok sebagai pembatas, dan kelak bunganya dapat dipanen sebagai bunga potong untuk bahan rangkaian. Dalam pawai mobil hias, kenikir diperlukan sebagai bahan utama rangkaian.

 

Daun kenikir yang masih muda dan pucuknya dapat digunakan untuk sayuran, dimakan mentah-mentah dan direbus lalap.  Selain itu daun kenikir dapat mengusir serangga .Ulamnya yang digelarkan "ulam raja" telah digunakan secara tradisional untuk memperbaiki peredaran darah dan mencuci darah, serta untuk menguatkan tulang, dan mengobati lemah lambung

 

Tumbuhan ini dapat diperbanyak dengan biji, namun sayang sekali tumbuhan ini pada musim hujan mudah diserang hama

 

NAMA INGGRIS             : marigold

NAMA ILMIAH                : Tagates sp.

Perbanyakan tanaman   : biji

 

 

Bagikan :

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Pastikan anda mengisi form yang bertanda *.Kode HTML tidak perkenankan diisi di komentar